Rabu, 01 Juli 2015

BAB 11 – MANAJEMEN RISIKO KEUANGAN


1.         Deskripsikan apa saja yang diperlukan dalam Manajemen Risiko Perusahaan (ERM)!
Jawab:
Manajemen Risiko Perusahaan (ERM) adalah sebuah upaya yang dilaksanakan oleh Dewan Komisaris, Direksi, Jajaran Manajemen dan karyawan perusahaan untuk mengidentifikasi, menganalisisi, mengelola, serta menangani risiko – risiko yang dapat mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan.

2.         Apakah yang dimaksud dengan risiko pasar? Gambarkan risiko ini dengan contoh valuta asing?
Jawab:
-       Risiko Pasar adalah risiko loss owning terhadap perubahan yang tidak diperkirakan dari harga – harga valuta asing, kredit, komoditas dan ekuitas.
-       Gambaran risiko pasar dengan contoh valuta asing:
Didalam suatu perusahaan mempunyai portofolio sekuritas saham yang dibeli dengan harga Rp. 1 Miliyar. Misalkan harga saham jatuh, sehingga nilai pasar saham tersebut turun menjadi Rp. 800 juta. Perusahaan tersebut mengalami kerugian karena nilai portofolio sahamnya turun sebesar Rp. 200 juta. Kerugian tersebut disebabkan karena harga saham bergerak kearah yang kurang menguntungkan (dalam hal ini turun)

3.         Apakah yang dimaksud dengan derivative keuangan dan masalah akuntansi apa saja yang berhubungan dengannya?
Jawab:
-       Derivatif Keuangan adalah sebuah kontrak bilateral atau perjanjian penukaran pembayaran yang nilainya diturunkan atau berasal dari produk yang menjadi acuan pokok atau juga disebut produk turunan daripada memperdagangkan atau menukarkan secara fisik suatu asset, pelaku pasar membuat suatu perjanjian untuk saling mempertukarkan uang, asset atau suatu nilai disuatu masa yang akan datang dengan mengacu pada asset yang menjadi acuan pokok.
-       Masalah akuntansi yang berhubungan dengannya:
a.    Akuntansi untuk derivatif yang tertanam
b.    Mengkualifikasi kriteria hedging
c.     Pengungkapan tentang instrumen keuangan dan derivatf

4.         Apakah itu kontrak ijon keuangan? Apakah bedanya dari kontrak berjangka?
Jawab:
-       Kontrak Ijon Keuangan adalah Kontrak pertukaran valuta yang menginginkan pengantaran sejumlah nilai mata uang pada tanggal yang telah disepakati di masa depan

-       Kontrak Berjangka adalah Kesepakatan kontraktual antara dua pihak untuk menetukan sejumlah mata uang yang telah disepakati pada tanggal yang ditetapkan di masa depan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar